Remaja

Kita Adalah Bangsa Penghina Pendidikan!

Kita Adalah Bangsa Penghina Pendidikan!

(Panjimas.com) – Suatu siang penulis makan di warung tenda deket pasar. Karna sendirian, pemilik warunglah yang jadi temen ngobrol. Ibu berkudung merah itu cerita kalo suaminya tukang becak. Mereka harus nyekolahin anak. Sekarang putrinya kelas satu SMK jurusan Farmasi. Biayanya[Read More…]

Urgensi Kenali Potensi Diri

Urgensi Kenali Potensi Diri

(Panjimas.com) – Saban tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memeringati peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada 1928. Waktu itu, sejumlah muda-mudi negeri yang terjajah berkumpul menyatakan tekad bersama. Tekad untuk jadi satu bangsa dengan satu bahasa dan satu tanah air, Indonesia.[Read More…]

Jihad Santri Sepanjang Zaman

Jihad Santri Sepanjang Zaman

(Panjimas.com) – Tahun 1945 adalah tahun “keramat”nya bangsa Indonesia. Waktu itu, tepatnya 17 Agustus 1945, sebuah bangsa yang selama tiga setengah abad dijajah Imperialis Kristen Eropa, memroklamirkan kemerdekaannya. Jawa dan Nusantara jadi sebuah negara berdaulat, Indonesia. Tapi, negara yang baru[Read More…]

Assortment of fruits and vegetables

Subur (Jangan) Tanpa Syukur

(Panjimas.com) – Musim hujan membayang, gerimis datang kadang-kadang. Rumput kering tepi jalan hadirkan warna lain kuatkan kesan kesegaran. Hijau-hijau menepis pandangan silau. Dedaun muda ingatkan kita akan realitas tanah air Indonesia. Negeri agraris, kata bapak ibu guru di depan para[Read More…]

Motor Tua Anak Muda

Motor Tua Anak Muda

(Panjimas.com) – Suatu malam di tepi jalan utama sebuah kota, serombongan anak muda kongkow-kongkow sembari ngobrol dan bercanda. Di depan mereka belasan motor diparkir rapi, kayak lagi dipajang di showroom ngantri dibeli. Tapi bukan motor baru, semua motor usang rakitan[Read More…]

Ngerti Sejarah Bikin Hidup Lebih Berkah

Ngerti Sejarah Bikin Hidup Lebih Berkah

(Panjimas.com) – Belakangan ini banyak orang ngingetin kita untuk nggak lupa sejarah. Tapi sebagian orang bilang kalo sejarah tuh pelajaran bohong-bohongan. Yah, emang sih, sebagian sejarah yang diajarkan di sekolah memuat kebohongan karna udah dimanipulasi. Sebagian lho ya, nggak semuanya.[Read More…]

Teknologi Beradab, PR Anak Muda Muslim

Teknologi Beradab, PR Anak Muda Muslim

(Panjimas.com) – Kehidupan ini nggak stagnan, ia dinamis terus alami perubahan. Nama hari terus berputar, angka tahun terus berganti. Sejalan itu, teknologi berkembang tanpa henti. Tengok masa silam, nampaklah tonggak peralihan teknologi dari primitif ke berkemajuan. Adalah Revolusi Industri, perubahan[Read More…]

Aduuh, Panasnyaaaa…

Aduuh, Panasnyaaaa…

(Panjimas.com) – Kemarau ini cukup berasa. Entah udah berapa pekan hujan nggak menyapa. Jangankan hujan, gerimis pun nggak ada. Sejumlah wilayah di negeri ini mengalami kekeringan sejak beberapa bulan, penduduknya susah dapetin air buat keseharian. Jelang siang sampe petang, kita[Read More…]

A Rohingya boy carries a child after after crossing the Bangladesh-Myanmar border in Teknaf, Bangladesh, September 1, 2017. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain - RC1AE87D0700

Pisau Canda Buat Rohingya

(Panjimas.com) – Setap manusia punya masalah. Nggak cuman yang miskin dan sakit. Orang kaya raya dan sehat jasmaninya pun sangat mungkin didera kesedihan. So, setiap kita butuh canda. Canda tawa bakal mengubur ketegangan dan kesedihan, membalut hati yang luka. So,[Read More…]

[VIDEO] Nasihat Ustadz Abdul Somad Soal Pacaran

[VIDEO] Nasihat Ustadz Abdul Somad Soal Pacaran

BEKASI (Panjimas.com) – Pacaran, seolah menjadi “virus” yang menjangkiti remaja masa kini. Bahkan, saking mewabahnya pacaran, justru dianggap sebagai hal yang umum atau lumrah di kalangan kaula muda. Padahal dalam Islam tak dikenal yang namanya istilah pacaran bagi mereka yang[Read More…]