SUKOHARJO, (Panjimas.com) – Panti Asuhan Aisyiyah Grogol Sukoharjo yang digandeng KKN 14 PBA Sekolah Tinggi Islam Al Mukmin Surakarta (STIM) , Ahad (4/3) menggelar Bekam Masal sekaligus Bakti Sosial STIM di Panti Asuhan tersebut. Selain anak asuh panti Asuhan Aisiyyah, acara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu juga dihadiri oleh sejumlah warga.

Dibantu Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI), kegiatan yang diantusiasi masyarakat sekitar ini  dimulai dengan mengecek tekanan darah peserta bekam. Setelah itu, proses bekam oleh ahli dari PBI dan terakhir pengambilan resep herbal yang diberikan sebagai tambahan untuk imun peserta setelah bekam.

Menurut Maryam, 60, salah seorang warga sekitar daerah Panti Asuhan Aisyiyah Grogol, kegiatan ini sangat baik apalagi dilaksanakan di area panti asuhan. Maryam yang baru pertama kali melakukan pengobatan Thibbun Nabawi bekam mengaku badannya merasa enteng setelah dibekam dengan keluhan awal kolestrol. Ia juga menuturkan bahwa dirinya cukup senang dengan adanya kegiatan positif seperti ini.

“Saya belum pernah bekam, lihat alatnya aja juga baru aja. Tapi enak, saya mau lagi acara seperti ini. Bagus saya suka.” Ujar Maryam penuh antusias

Sementara itu, beberapa anak asuh panti Asuhan Aisyiyah yang ikut dibekam mengaku senang dengan adanya kegiatan bekam massal ini. Wanda Elrita Putri, 16, salah satu anak asuh mengatakan bahwa setelah dibekam ia merasa badannya lebih bugar.

“Agak sakit dan gatel sedikit sih. Tapi enak, badannya jadi seger.” Tutur gadis kelas X ini. Ahad, (4/3).

Bekam masal diselenggarakan untuk mengenalkan kepada masyarakat dan anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah tentang pengobatan syar’I yang diajarkan oleh Rasulullah Shallahu alaihi wassalam secara benar. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak diharapkan mampu mengikuti pola hidup sehat ala Rasulullah baik sehat ruh maupun jasmaninya.

“Kami ingin mengenalkan bekam kepada anak-anak panti asuhan di sini. Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang dakwah untuk lebih mengikut pola hidup Rasulullah sesuai anjurannya.” Kata Shalahuddin Al Ayubbi, 25, saat ditanya tentang tujuan kegiatan hari ini.

Acara bekam masal dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial oleh KKN PBA 14 Sekolah Tinggi Islam Al Mukmin Surakarta kepada Panti Asuhan Aisyiyah Grogol Sukoharjo. Panitia berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara keduanya. [RN]