SOLO, (Panjimas.com) —- Estafet regenerasi kepemimpinan merupakan hal yang harus senantiasa digulirkan untuk menjaga eksistensi organisasi. Kali ini IPM, organisasi yang menaungi para pelajar Muhammadiyah. Pengurus IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Ranting SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dilantik pada Senin (06/0).

Upacara pelantikan IPM Ranting Muhammadiyah PK ini pun dilakukan oleh Ketua PD (Pimpinan Daerah) IPM Kota Surakarta periode 2017/2018, Muhammad Taufik Hasan. Prosesi pelantikan dilangsungkan saat upacara bendera di halaman sekolah SMP Muhammadiyah PK Solo.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Latifah Suryani menjelaskan bahwa kurang lebih 30 siswa pengurus IPM Ranting SMP Muhammadiyah PK periode 2018/2019 dilantik. Di bawah kepemimpinan Ketua IPM, Abdul Latif Multi Utomo, kami berharap mampu memajukan keorganisasian IPM dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan sekolah.

“Alhamdulillah telah dilantik kurang lebih 30 pengurus IPM periode 2018/2019. Semoga keorganisasian IPM lebih maju dan aktif,” ujar Latifah Suryani.

Dalam sambutannya, Ketua PD IPM Surakarta Muhammad Taufik Hasan menekankan kepada para pengurus IPM yang baru untuk menjadikan SMP Muhammadiyah PK ini menjadi mercusuar sekolah se-Kota Surakarta melalui kegiatan-kegiatan IPM.

“Kepengurusan IPM yang baru ini diharapkan mampu melanjutkan estafet kepemimpinan lama dan memajukan IPM yang pada akhirnya memajukan sekolah lewat berbagai bidang kegiatan. Jadikanlah SMP Muhammadiyah PK Solo ini menjadi mercusuar sekolah se-Kota Surakarta melalui kegiatan organisasi IPM yang unggul,” tukasnya saat sambutan.

Hasan membacakan surat keputusan tentang penetapan dan pengesahan kepengurusan IPM ranting SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabaarat Surakarta periode 2018/2019. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan struktur kepengurusan dan ikrar yang diikuti seluruh pengurus IPM yang baru. Selanjutnya, acara simbolis serah terima jabatan (sertijab) dari pengurus periode sebelumnya ke pengurus terpilih periode 2018/2019.

Stuktur kepengurusan IPM Muhammadiyah PK Solo terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara dan enam bidang organisasi, antara lain, Bidang Perkaderan, Bidang Kajian Dakwah Islam, Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan, Bidang Apresiasi Seni dan Budaya, Bidang Kreativitas dan Kesenian, dan Bidang Ke-IPMan/wati.

Pelantikan berlangsung khidmat dan disaksikan oleh Kepala sekolah, guru, karyawan, serta seluruh siswa kelas VII hingga kelas IX.

Abdul Latif Multi Utomo selaku ketua IPM terpilih periode 2018/2019 mengaku senang dan bangga atas telah dilantiknya dirinya menggantikan ketua IPM periode sebelumnya. Dirinya pun bercerita memang pada awalnya tidak menduga jika terpilih. Kedepannya, Latif bertekad akan membawa kepengurusan kali ini untuk berprestasi dalam organisasi dan akademis.

“Saya ingin menjadikan kepengurusan IPM kali ini berprestasi dalam organisasi dan akademis,” tegasnya.[IZ]