BANDUNG, (Panjimas.com) – Bagi sebuah lembaga atau komunitas filanthropy persoalan pencarian dan pengumpulan dana merupakan persoalan utama yang biasa dihadapi oleh sebuah lembaga semacam Infaq Dakwah Center (IDC).

Hal itulah yang mendasari alasan dan tujuan dari IDC untuk mengikuti Pelatihan Fundraising Sehari “Tehnik dan Strategi Fundraising Bagi Lembaga dan Komunitas” yang diadakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI) pada Sabtu (28/10) di Hotel Ardan, Bandung-Jawa Barat.

Hadir 3 orang pembicara utama pada pelatihan yang dihadiri oleh sekitar 40 an orang perwakilan dari lembaga lembaga filantrophy seluruh Indonesia. Arifin Purwakananta dari Baznas, Arina Saliman mewakili IFI dan Herdiansyah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa.

“Para Fundraiser (pengumpul dana) diharapkan memiliki semangat dan motivasi untuk mengajak sebanyak banyaknya orang ke SurgaNya Allah Swt, bukan hanya mengajak orang berderma dan bersedekah di jalan agama,” ungkap Arifin.

Sedangkan pembicara kedua, Arlina Saliman mengajak seluruh peserta pelatihan untuk mengenal lebih banyak dan lebih dekat tentang bagaimana Fundraising secara A to Z itu sendiri.

Sedangkan Herdiansyah selaku pembicara ketiga di pelatihan itu mengajari  para peserta untuk bisa melakukan fundraising di kalangan Korporasi dan lembaga donor besar.

“Harus ada keberanian dan semangat yang kuat untuk berani mencoba melakukan fundraising ke perusahaan perusahan besar dan koorporasi. Karena selain potensinya besar juga belum digarap secara maksimal oleh lembaga lembaga yang ada,” ujar Herdiansyah. [ES]