SOLO, (Panjimas.com) – Relawan Infaq Dakwah Center (IDC) Solo Raya pada Ahad pagi (29/4/2018), mengawali pembangunan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di rumah Da’i Pinggirian, Semanggi, Solo, Ustadz Purnomo. Mereka membawa material bata ringan, semen, keramik, pintu kamar mandi, kayu dan perlengkapan alat pembangunan.

Pria yang aktif menjadi penggerak dakwah dan pejuang Islam dari ancaman pemurtadan akidah, ini pun senang telah dibantu merealisasikan impian MCK pribadi yang sudah terbengkalai lebih dari satu tahun ini. Ia tidak akan terbayang lagi kerepotan sang istri yang berhijab syar’i bila harus berurusan dengan toharoh.

“Assalamualaikum Ustadz Purnomo, kami dari Relawan IDC mau merealisasikan pembangunan sanitasi milik jenengan,” ucap Sedyo, salah satu Relawan IDC Solo Raya saat menemui Ustadz Purnomo.

Menyambut kedatangan Relawan IDC yang sudah siap dengan peralatan, Ustadz Purnomo pun mengurungkan rencana pekerjaan kuli panggul Truk yang akan berangkat ke Jakarta. Ia kesampingkan pekerjaan demi berdirinya MCK yang telah ia impikan dalam pekan kedepan.

“Alhamdulillah, jazakumullah khoiron IDC. Kalau hari ini dimulai saya akan membatalkan rencana muat barang Truk yang akan ke Jakarta saja,” ucapnya sumringah tanda senang.

Kamar MCK milik Ustadz Purnomo akan dibangun berukuran 2 meter x 1,2 meter menggunakan bata ringan. Pintunya menghubungkan langsung dari dalam rumah gubuknya yang sudah tambal sulam. Jadi kebutuhan toharoh keluarga salah satu Takmir Mushola Barokah, Kenteng ini akan tertutup sempurna. InsyaAllah bantuan dari donatur IDC akan meringankan pejuang dakwah di lingkungan kumuh, terpinggirkan dan keras, kawasan Kenteng Sawah, Semanggi, Solo ini.

Namun demikian penjaga benteng aqidah di daerah rawan pemurtadan yang dilancarkan oleh para misionaris ini, masih membutuhkan santunan beasiswa sekolah kedua anaknya, Asiyah (8) dan Khonsatun (13). Setelah dihitung kekurangan tunggakan putri sulungnya, Khonsatun, santri di pesantren tahfizh Ulul Albab Polokarto, Sukoharjo, 4 bulan, dimana setiap bulannya sebesar Rp 600.000,-.

Sementara itu, Asiyah yang bersekolah di SD Islam Sunan Kalijogo, Gambuhan, Baluarti, masih memiliki tunggakan 9 bulan yang jika ditotal sebesar Rp. 1.125.000,- hingga selesai tahun ajaran 2018. Mari bersama IDC, kita bantu Ustadz Purnomo, Dai pinggiran di wilayah kumuh dan rawan pemurtadan ini dari kesulitan beban ekonomi.

Peduli Kasih Sesama Muslim, Ayo Bantu MCK Ustadz Purnomo

Kesulitan hidup yang dipikul Ustadz Purnomo dan keluarga adalah beban kita juga, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya…”(HR Muslim).

Bunga-bunga kasih kepedulian kaum Muslimin sangat dibutuhkan untuk membantu dakwah dan kesejahteraan dai aktivis anti pemurtadan.

Donasi kepedulian untuk membantu sanitasi kamar mandi (mck) Ustadz Purnomo bisa disalurkan melalui program INFAQ DARURAT:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  1. Bank BNI Syariah, No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
  1. Bank Mandiri Syari’ah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  1. Bank Bukopin Syariah, No.Rek: 880.218.4108 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  1. Bank BTN Syariah, No.Rek: 712.307.1539 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  1. Bank Mega Syariah, No.Rek: 1000.154.176 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center
  1. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  1. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  1. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 675.0100.407.006 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
  1. Bank BCA, No.Rek: 631.0230.497 a.n Budi Haryanto (Bendahara IDC)