Benarkah Surat Al Fatihah Sebagai Obat?

SOLO, (Panjimas.com) – Surat Al Fatihah merupakan bagian surat Makkiyah yakni surat yang diturunkan Allah Subhanahu wata’alla di Makkah sebelum hijrahnya Rosul Muhammad. Demikian yang disampaikan ustadz Mas’ud Ibnu Mujahid pada kajian bada shubuh di masjid Majelis Ulama Indonesia (MUI),Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Ahad (12/6/2016).

“Disebut Al Fatihah kenapa? Karena sebagai pembuka, pembuka apa? Pembuka surat pada AL Qur’an. Ada Panglima perang bernama Muhammad Al Fatih, maka sebagai Muhammad sang pembuka, pembuka apa? Konstantinopel” ujarnya

Ustadz Mas’ud mengatakan bahwa Al Fatihah memilik beberapa nama, dirinya mengawali dengan menyebut Al Fatihah sebagai As Sholah. As sholah sebagai nama lain Al Fatihah karena menurutnya sholat tidak sah tanpa membaca Al fatihah disetiap raka’atnya.

Nama lain Al Fatihah adalah Ar Ruqyah, Ustadz Mas’ud menerangkan Ar Ruqyah adalah bacaan yang bisa mengusir penyakit baik dari medis maupun gangguan jin. Ustadz Mas’ud berkisah kaum dari sahabat yang pergi jauh hingga mengalami kelaparan hingga sampai pada satu kampung.

“Para sahabat ini menahan lapar hingga terdengar kabar bahwa kepala suku kampung tersebut digigit ular. Sudah diberi obat, dipanggil tabib namun juga belum sembuh. Beberapa utusan kepala suku berinisiatif menemui sahabat Rasul yang di luar kampung untuk menyembuhkan. Disanggupi permintaan tersebut dengan syarat jasanya diganti domba jika sanggup menyembuhkan kepala suku tersebut” kisahnya.

Ustadz Mas’ud melanjutkan kisah tersebut bahwa sahabat ini bukan tabib juga bukan ahli obat apalagi dokter. Namun berkat keyakinan iman pada Allah mereka bersama membaca Al Fatihah sebanyak tujuh kali.

“Alhamdulillah lewat bacaan Al Fatihah tersebut kepala suku sembuh karena ijin Allah. Meski kelaparan sahabat ini tidak berani berbuat apa-apa terhadap domba tersebut. Mereka menemui Rosul di Madinah dan menceritakan kejadian tersebut dan menanyakan status domba tersebut” tambahnya.

Ustadz Mas’ud melanjutkan, Rasulullah membolehkan ketika sahabat menanyakan status domba tersebut untuk disembelih.

“Bagaimana kalian mengetahui bahwa Al Fatihah adalah Ar Ruqyah, surat yang dibaca untuk menyembuhkan, kami coba saja ya Rosul. Dari situ para ulama bersepakat bahwa Al Fatihah bisa dibaca untuk orang yang sakit baik medis atau gangguan jin” pungkasnya. [SY]