JAKARTA (Panjimas.com) – Kapal tempur Naghdi dan kapal logistik Bandar Abbas milik Negara Syi’ah Iran merapat di Terminal Dua Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jum’at (27/2/2015). (Baca: Waspadalah!! Kapal Tempur Negara Syi’ah Iran Sudah Merapat ke Jakarta)

Kedutaan Besar (Kedubes) Iran dalam rilisnya menyatakan bahwa kedua kapal ini bertolak dari Bandar Abbas Iran untuk melakukan pelatihan dan latihan perang bersama dengan Angkatan Tentara Nasional Indonesia.

Kapal-kapal tersebut sepanjang perjalanannya dari Iran telah melewati Teluk Aden dan melakukan operasi tempur terhadap bajak laut. Selain itu, kapal ini juga mengunjungi dua negara sahabat yaitu India dan Sri Lanka sebelum ke Indonesia. Kapal-kapal ini membawa sejumlah mahasiswa Akademi Angkatan Laut Iran yang akan berada di Jakarta selama tiga hari.

Pada beberapa tahun belakangan ini sudah terjalin kerja sama antara pejabat militer kedua negara. Kepala Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Habibullah Sayyari, pernah berkunjung ke Indonesia pada 2013 lalu. Dalam pertemuan beliau dengan Kepala Angkatan Tentara Nasional Indonesia kedua pihak sepakat agar kapal-kapal kedua angkatan laut mengunjungi negara satu sama lain.

Seperti diberitakan Panjimas.com sebelumnya, dua kapal milik Negara Syi’ah Iran satuan ke-33 yang terdiri dari Kapal Tempur Naghdi dan Kapal logistik Bandar Abbas telah bersandar di Terminal Dua Tanjung Priok, Jakarta, pada Jum’at (27/2/2015).

Menurut rilis yang dikeluarkan oleh Kedubes Negara Syi’ah Iran yang dikirim ke sejumlah media, kedatangan dua kapal tersebut merupakan kunjungan kedua kapal tempur Iran ke Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan pada tahun 1980an. [GA/dtk/Ant]