Raja Salman Intruksikan Otoritas Saudi Terima Empat Tahanan Yaman dari Guantanamo

JEDDAH (Panjimas.com) – Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi,  mengumumkan bahwa Raja Salman telah memerintahkan kepada pihak yang berwenang untuk menerima empat tahanan Yaman dari Guantanamo, yang telah tiba di Inggris pada hari Kamis (05/01) pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Saudi Press Agency (SPA), juru bicara keamanan untuk Kementerian Dalam Negeri mengidentifikasi tahanan Yaman itu sebagai Mohamed Ragab Sadek Abu Ghanem, Salim Ahmed Hadi bin Kanad, Abdullah Yahya Yousef Shibli, dan Muhammad Ali Abdulla Mohammed Bawazir.

Keluarga keempat tahanan Yaman asal Guantanamo itu meminta otoritas Arab Saudi untuk bersedia menjadi rumah sementara bagi para tahanan, sembari mengutip perang yang sedang berlangsung di Yaman.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menambahkan bahwa pihaknya telah memberitahu keluarga tahanan dan akan memfasilitasi pertemuan dengan membawa para keluarga secara bersama-sama,

Kementerian Dalam Negeri juga menegaskan bahwa para tahanan akan dikenakan undang-undang dan peraturan yang berlaku di Kerajaa.

Para tahanan Yaman itu akan menjalani program rehabilitasi di Mohammed Bin Naif Center for Advice, Counseling and Care.

Transfer tahanan asal Yaman itu membuat jumlah penghuni fasilitas penahanan Guantanamo Bay menurun menjadi 55 jiwa.

Selain itu keputusan transfer tahanan ini merupakan bagian dari kebijakan terakhir Presiden Obama untuk membersihkan fasilitas Guantanamo Bay, sebanyak mungkin,  sebelum Presiden terpilih Donald Trump mengambil sumpahnya pada 20 Januari mendatang.[IZ]