YOGYAKARTA, (Panjimas.com) – Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dinobatkan sebagai juara umum dalam ajang kompetisi madrasah yang digelar di Yogyakarta, 7-12 Agustus 2017.

DI Yogyakarta menyabet juara umum dalam Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma). Sedangkan Jawa Timur menjadi juara umum dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Berdasarkan informasi dari laman aksioma KSM http://aksiomaksm.madrasah.me/medali, disebutkan bahwa  Jawa Timur berhak menjadi juara umum KSM setelah mengantongi delapan emas . Jatim unggul dibanding DIY dan Jawa Tengah yang masing-masing meraih tiga medali emas.

Sedangkan dalam Aksioma, DIY dinobatkan sebagai juara umum setelah meraih tujuh emas. Jumlah ini lebih banyak dari Jawa Tengah (4 emas) dan Jawa Timur (3 emas).

Sementara untuk KSM Insan Cendekia (KSM-IC), Gorontalo dan Banten sama-sama meraih tiga emas. Hanya saja Gorontalo berhak sebagai juara umum karena mengungguli Banten dalam raihan perak dan perunggu. Gorontalo meraih dua medali perak dan satu perunggu. Sementara IC Serpong Banten hanya meraih dua perunggu.

Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam menyerahkan langsung tropi juara umum, baik juara umum Aksioma DIY maupun KSM Jatim. Trofi juara umum Aksioma diterima kepala kantor wilayah kemenag DIY Lutfi Hamid. Sedangkan trofi juara umum KSM diterima Kepala Kantor Kemenag Jatim Syamsul Bahri.

Pantauan di  arena penutupan Aksioma KSM 2017 yakni di GOR Amongraga, Yogyakarta, teriakan demi teriakan tak henti-hentinya bergema dari para siswa yang disebut sebagai pemenang dalam setiap ajang. Suara histeris juga bergemuruh saat Yogyakarta diumumkan sebagai juara umum Aksioma. Tampak ratusan siswa dan siswi sambil memegang spanduk bertuliskan Yogyakarta mereka menyanyikan yel-yel “Yogyakarta”.

Begitupun dengan Jawa Timur usai dinobatkan sebagai juara umum KSM. Suara riuh rendah juga bersahutan seperti halnya teriakan para suporter Sepakbola.

Diketahui, Aksioma-KSM 2017 ini berlangsung sejak 7-12 Agustus di Yogyakarta dan secara resmi ditutup Sekjen Kemenag mewakili Menag, di GOR Amongroga Yogyakarta, Jumat (11/8/2017).

Aksioma dan KSM berlangsung tiap dua tahun sekali dengan tuan rumah bergiliran. Untuk KSM mendatang tahun 2018 akan berlangsung di Bengkulu. [ES]