MEKAH, (Panjimas.com) – Hingga pekan kedua kedatangan di Arab Saudi, sudah 17 jemaah haji Indonesia meninggal dunia di Tanah Suci. Sebanyak tiga orang jemaah meninggal di Mekah dan 14 jemaah meninggal di Madinah selama proses arbain.

Data terakhir, seperti dilansir viva jemaah yang wafat di Madinah adalah Risda Yarni Muhammad Rasyid (47 tahun), dari embarkasi Batam kloter 6. Meninggal di pemondokan dan dilaporkan oleh tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Penyebab kematian karena serangan jantung, pada Sabtu, 12 Agustus 2017.

Sementara jemaah yang meninggal di Mekah adalah Siti Aminah Janip Sain (52), meninggal di pemondokan akibat serangan jantung pada Selasa, 12 Agustus 2017. Jemaah ini berasal dari kloter 11 Jakarta – Bekasi.

Sementara itu menurut keterangan Humas Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Mekah, dr Ayesha, jumlah jemaah haji yang menjalani perawatan di KKIH Mekah mencapai 72 orang. Dua jemaah dirawat di ICU, di ruang rawat inap ada 22 jemaah dan ruang rawat inap wanita ada 14 jemaah.

“Kemudian jemaah yang menjalani perawatan psikiatri ada tiga jemaah, yang masih di IGD ada tujuh jemaah dan yang dirukuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) ada 14 jemaah,” ujar Ayesha saat ditemui tim Media Center Haji (MCH), Sabtu (12/82017). [RN]