AMMAN, (Panjimas.com) – Pasukan keamanan Yordania di ibukota Amman baru-baru ini membubarkan aksi demonstrasi Jumat (13/04) lalu yang diadakan oleh rakyat Yordania dalam rangka rasa solidaritas dengan aksi protes Palestina yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan Timur Jalur Gaza dengan Israel.

Usai menunaikan sholat Jumat, warga Yordania berangkat dari Masjid Al-Hussein Amman untuk menuju ke Al-Nahl Square di pusat kota Amman.

“Kami berbaris untuk memberi penghormatan kepada Isra dan Mi’raj [perjalanan spiritual Nabi Muhammad] dan menyuarakan penolakan kami terhadap pendudukan [Israel] atas tempat-tempat suci kami,” tegas Saud Abu Mahfuz, seorang anggota Parlemen Yordania yang turut berpartisipasi dalam aksi itu, dikutip dari AA.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina, seperti “Ini hak kami untuk pulang kembali ke Palestina” dan “Yerusalem adalah ibu kota kami”.

Sebelum mencapai Al-Nahl Square, para pengunjuk rasa dicegah oleh pasukan keamanan Yordania untuk membatalkan pawai massa tersebut.

Pihak berwenang Yordania belum memberikan penjelasan resmi mengapa pawai itu kemudian dihentikan sebelum mencapai An-Nahl Square.

Dari sekitar 10 juta penduduk yang tinggal di Yordania saat ini, sekitar 70 persen berasal dari Palestina.[IZ]