JAKARTA, (Panjimas.com) – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) baru saja mengadakan event internasional yang bertajuk International Student Gathering, bekerjasama dengan UDEF (Federation of International Student Associations), sebuah organisasi pelajar dan mahasiswa Internasional dari Turki.

Acara yang berlangsung di Universitas Negeri Jakarta pada Sabtu (14/4) ini dihadiri oleh Himpunan Pelajar Pattani di Indonesia (HIPPI) Thailand, Persatuan Kebangsaan Pelajar-Pelajar Malaysia di Indonesia (PKPMI), menampilkan presentasi dan penampilan budaya dari ketiga negara,  dengan BEM UNJ bertindak sebagai tuan rumah.

Achmal Junmiadi selaku Project Officer dan Sekbid Hubungan Luar Negeri PP KAMMI dalam sambutannya mengatakan, acara ini menjembatani tali persahabatan antara mahasiwa dari negara-negara yang tergabung dalam forum ini dan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk berbagi informasi tentang kebudayaan dan pendidikan dari masing-masing  negara.

“Kita dengan modal perbedaan ini menjadi potensi untuk saling berbagi dan melakukan kolaborasi di masa depan”, tutur Irfan Ahmad Fauzi, Ketua Umum PP KAMMI memberikan sambutan. Mukarramov Sharifjon, Perwakilan UDEF Turki yang secara resmi membuka agenda ini menyampaikan bahwa UDEF hadir untuk mengakomodir mahasiswa di berbagai di negara untuk membangun relasi dan rasa persaudaraan internasional untuk dunia yang lebih baik.”

Agenda ini merupakan agenda tahunan UDEF yang dilakukan serentak lebih dari 15 negara termasuk Indonesia. Salah satu peserta dari Malaysia dalam testimoninya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar bisa diadakan setiap tahunnya, untuk bisa berbagi informasi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. [RN]