PORTO ALEGRE (Panjimas.com) – Sejumlah negara dengan pemain beragama Islam mengikuti gelaran Piala Dunia 2014 di Brazil yang bertepatan dengan bulan Ramadhan 1435 Hijriah. Diantaranya adalah Aljazair, Bosnia dan Nigeria.

Sejumlah pemain Muslim diberitakan tidak melaksanakan puasa, namun pesepakbola asal Nigeria Ahmed Musa tetap menjalankan puasa.

“Dia (Musa) akan menghormati Ramadhan. Ini hal yang biasa. Dia dulu juga melakukannya (berpuasa saat bertanding sepak bola),” kata pelatih Nigeria, Stephen Keshi, kepada Super Sport Senin 30 Juni.

“Dia bermain untuk klubnya saat dia berpuasa dan tetap bermain baik.”

Ahmed Musa dilahirkan di Nigeria pada Oktober 1992, dia merupakan pemain Muslim yang terdaftar sebagai pemain kunci Nigeria di gelaran Piala Dunia 2014.

Ahmed Musa bermain untuk klub Rusia CSKA Moskow dan tim nasional Nigeria.

Di Brasil 2014, Musa merupakan salah satu pemain terbaik dalam pertandingan melawan Argentina pada 25 Juni, meski kalah 2-3.

Untuk pertama kalinya sejak 1986, bulan suci Ramadhan jatuh pada hari pertama pertandingan putaran kedua Piala Dunia pada 28 Juni lalu.

Berpuasa di Brazil pada tahun ini dijalankan sekitar 12 jam 1 menit dalam sehari. Hampir sama dengan lamanya puasa yang dijalankan di Indonesia. [Ahmad Faishal]