JAKARTA, (Panjimas.com) — Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Abdul Mu`ti mengimbau agar para pendukung calon presiden dan wakil presiden untuk saling menghormati.

“Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden beserta para pendukung hendaknya tetap menjaga persahabatan dan saling menghormati serta mematuhi semua peraturan yang berlaku,” ujar Abdul Mu’ti di Jakarta, Jumat (10/08).

Dirinya berharap dengan keberadaan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin dan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, maka seluruh proses demokrasi berjalan aman, tertib dan lancar serta menghasilkan keputusan yang terbaik.

“Masyarakat hendaknya mengikuti semua proses dengan kritis, arif, dan bijaksana,” imbuhnya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM), Azrul Tanjung, mengatakan kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Oleh karena itu, Azrul meminta agar masyarakat dapat memilih sesuai dengan hati sanubarinya.

“Masyarakat harus ikut dalam proses demokrasi ini, jangan sampai golput atau tidak memilih,” tandas Azrul.

Azrul yang juga Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu yakin kedua pasangan capres itu dapat memajukan ekonomi umat.

Selain itu, Azrul juga meminta agar masyarakat untuk saling menghormati dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain.

“Jangan sampai saling fitnah maupun saling menjatuhkan,” terang Azrul.

Azrul mengakui memang banyak yang kecewa dengan kedua pasangan calon tersebut. Namun menurutnya, hal itu merupakan jalan terbaik.[IZ]