PANJIMAS.COM – Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sesungguhnya Zamzam adalah air yang sangat diberkahi. Ia makanan bergizi. Zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum agar sembuh dari sakitmu, Allah menyembuhkanmu. Jika engkau minum agar merasa kenyang, Allah mengenyangkanmu. Jika engkau minum agar hilang dahagamu, Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail.” (Hr. Daruqutni, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Sejarah mencatat bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengambil air Zamzam dengan sebuah kendi dan kantong air dari kulit, lalu membawanya pulang ke Madinah. Beliau kemudian menggunakannya untuk mengobati orang sakit dengan cara memercikkan ke tubuhnya dan meminumkannya.

Hasil penelitian ilmiah menunjukkan keunikan Zamzam. Ia memiliki keistimewaan dibanding air sumur-sumur lain di sekitar Makkah, dan tentunya air-air di daerah lainnya di seluruh dunia. Uji laboratorium menemukan kandungan kalsium dan garam magnesium yang tinggi, berbeda dengan jenis air yang lain. Ia juga senantiasa terbebas dari kuman. Bila kita menengok sumur Zamzam, tak akan kita temui sedikit pun lumut di sana. Sumur yang terletak di kawasan padang pasir tersebut tak pernah mengalami kekeringan, meski di saat sumur-sumur lain di sekitarnya kering. Padahal kita tahu, air Zam-zam selalu diambil dan di bawa ke seluruh penjuru dunia.

Dr Masaru Emoto, peneliti air dari Universitas Yokohama, Jepang, yang menulis The True Power of Water, mengemukakan bahwa bentuk molekul air Zamzam memiliki nilai keindahan paling tinggi dibanding jenis air lainnya. Rangkaian heksagonalnya membentuk karya seni rupa yang memukau, berkilauan bak berlian yang sangat mahal. Dalam keadaan beku, ia memancarkan lebih dari 12 warna.

Adapun khasiat air zamzam bagi kesehatan jasmani dan rohani antara lain:

  1. Nutrisi ibu hamil,
  2. meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI (air susu ibu)
  3. membersihkan wajah dan mencegah jerawat,
  4. membersihkan mata dan menajamkan pandangan,
  5. mengenyangkan dan menjadi sumber energi tubuh,
  6. memperbaiki pencernaan,
  7. melancarkan peredaran darah,
  8. melancarkan buang air besar,
  9. menangkal sihir, dll.

Begitulah, zamzam tak hanya air yang sangat bersejarah. Dengan jujur dunia Timur dan Barat mengakui keistimewaannya yang menakjubkan, dan khasiat hebatnya untuk kesehatan. Wallahu a’lam. [IB]