PEKANBARU, (Panjimas.com) – Salah satu nilai inti sekolah juara adalah Al-Qur’an. Untuk menguatkan nilai ini, SMP Juara Pekanbaru sudah menetapkan Target Hafalan Alqur’an Siswa yaitu minimal 3 juz. Salah satu sarana penguatan ini adalah dilaksanakannya Qur’an Camp.

Kegiatan karantina mukhoyyam Qur’an diadakan menjelang pelaksanaan ujian PTS tepatnya pada tanggal 21 September sampai tanggal 23 September 2018. Kegiatan ini bertempat tidak jauh dari wilayah Sekolah SMP Juara Pekanbaru, karantina diadakan di sebuah Mesjid Al-Islam bertempat didaerah rejosari Kota Peknbaru. Kegiatan karantina Tahfizh Qur’an ini ditujukan kepada para pelajar  SMP Juara Pekanbaru.

Kegiatan yang mengusung tema Tahfizh Qur’an Fantastis ini, mempunyai target istimewa yang dibuat oleh para panitia ditujukan kepada para peserta karantina Qur’an selama karantina, target atau tujuannya ialah peserta karantina dapat hafal 1 sampai 2 Jus dalam jangka waktu 3 hari , In Syaa Allah karantina ini diikuti kurang lebih  20 peserta baik ikhwan maupun akhwat yang berasal dari kelas yang berbeda dengan usia peserta yang beragam. Kegiatan ini diketuai oleh Penanggung jawab alqur’an Mom Ruzianita , dan didukung oleh Musyrif dan Musyrifah.

Bentuk kegiatan yang diadakan Karantina Alqur’an ini ialah fokus kepada menghafal Qur’an dengan metode khusus yang diberikan oleh para Musrif ataupun Musrifah. Kegiatanpun dimulai pada hari Jumat pukul 07.30, dengan jadwal kegiatan pertama ialah regstrasi peserta dan dilanjutkan kepada acara pembukaan karantina Tahfizh Qur’an Fantastis yang dipimpin oleh Ustadz Khoir, dengan  materi keutamaan menghafal Al-Qur’an, metode menghafal Qur’an Fantastis, dan motivasi menghafal.

Ustadz Khori menyebutkan kemulian-kemuliaan yang akan diperoleh seorang penghafal Al-Qur’an baik di dunia maupun di akhirat kelak. Beliau juga menjelaskan cara menghafal mudah, diantara cara metode menghafal bilau ialah dengan cara memblok-blokan halaman Qur’an menjadi empat bagian/ konsentrasi, dan membacanya berulang-ulang disertai pemahaman makna secara global, setelah materi selesai disampaikan menghafalpun dimulai, berawal dengan pembagian halaqoh Qur’an yang setiap halaqoh dibimbing oleh musrif/musrifah.

Kegiatan menghafalpun terus berlangsung sampai malam hari, disela-sela makan & sholat. Dengan target menghafal dan menyetor lima halaman dengan baik. Menurut Kepala Sekolah Mr Syahrul Padilah, S.Pd kegiatan ini Insya Allah rutin “Kita laksanakan tiap bulan semoga sekolah SMP Juara Pekanbaru bisa mencetak generasi penghapal alqur’an  kedepan.” tuturnya. [RN]