SOLO, (Panjimas.com) – Siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo mengadakan kunjungan ke perusahaan belajar tentang pembuatan minyak atsiri dan hand soap (sabun cuci angan) Rabu, (30/1/2019).

Sejumlah 48 siswa  kelas program khusus dan 6 guru pendamping mengenal dan belajar tentang pembuatan minyak atsiri dan hand soap (sabun cuci tangan)  saat kunjungan di perusahaan PT.  Rumah Atsiri Indonesia di daerah Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar.

Diawali dengan pengenalan atsiri secata umum mulai dari pengertian,  sejarah dan teknologi pengambilan minyak (destilasi). Pengertian Atsiri adalah beraroma khas, menguap pada suhu ruang dan salah satunya diproses dari tanaman. Atsiri berasal dari akar, daun, kulit buah,  bunga, daging buah ataupun biji. Pembuatannya diawali dengan memisahkan dari tumbuhan dan bisa dengan penyulingan dan estraksi.

Siswa juga diajarkan bagaimana cara penyulingan yang sederhana dengan memperoleh minyak atsiri dengan memasukkan dedaunan dari serei wangi yang dirajang kecil kecil ke dalam tungku penyulingan dan diperkirakan 4-6 jam nantinya akan diperoleh minyak yang keluar dari alat penyulingan ini.

Atsiri ini bermanfaat untuk parfum,  perisa,  bidang farmasi dan untuk campuran produk perawatan pribadi.

“Tujuan kegiatan ini disamping pembelajaran luar kelas siswa memperoleh edukasi untuk mengetahui proses minyak atsiri dan cara membuat sabun cuci tangan,” kata Siti Khoiriah salah satu guru IPA saat mendampingi siswa.

Sementara itu, Hermawan Humas SMP simpon Solo memberi apresiasi kegiatan ini karena sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013 karena siswa langsung praktek secara kontekstual belajar cara membuat sabun cuci tangan atau hand soap.

Hermawan mengharapkan kegiatan ini nantinya bermanfaat bagi siswa,  sehingga siswa dapat membuat sabun cuci tangan dari bahan yang ada disekitar kita. [RN]