SOLO, (Panjimas.com) — Sangat jarang sekali ditemui bocah seusia 7 tahunan gemar menabung uang jajan untuk diinfaqkan. Tapi Syaiful Amar Khoiry, murid Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar (STTD) Al Hikam, Solo ini, sungguh mulia kebaikannya. Uang jajan pemberian orang tuanya ia kumpulkan di celengan untuk diinfaqkan bagi korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) lewat yayasan Infaq Dakwah Center (IDC) cabang Solo Raya, Sabtu (25/08/2018).

Awalnya Khoiry berniat celengannya akan dibedah untuk diinfaqkan kepada lembaga yang bisa menyalurkan ke negeri Suriah yang masih dilanda peperangan. Mungkin karena viralnya berita gempa Lombok yang memakan ratusan korban jiwa dan masih banyaknya anak-anak dipengungsian, ia memilih menyalurkan ke Lombok. Orang tua Khoiry kemudian memberitahukan jika Relawan IDC akan mengambil donasi di Masjid Al Jariyah yang ada di kampungnya, Banyuanyar, Banjarsari, Solo.

“Ini sebenarnya untuk Suriah, tapi karena di Masjid kemarin Kamis diumumkan ada penggalangan dana untuk Lombok, makanya ia meminta diikutkan. Kita juga belum tahu isinya berapa mohon dihitung sendiri,” kata Sumarno ayah Khoiry.

Alhamdulillah uang celengan Khoiry telah dihitung Relawan IDC sebesar Rp 72.600,-. Aksi siswa yang bercita-cita menghafal Al Quran inipun mendapat respon temannya, Zakhwan Ramadhan (7). Ia juga menyerahkan kepada Relawan IDC Solo Raya uang sebesar Rp 150.000,- hasil pemberian orang tuanya, bapak Endang.

InsyaAllah hasil donasi kedua bocah yang gemar bersedekah ini akan segera disalurkan kepada korban bencana Gempa Lombok-NTB. Penyerahan tersebut berbarengan dengan permintaan Takmir Masjid Al Jariyah, H. Wiranto M.Kom yang telah menyerahkan donasi Lombok kepada IDC sebesar Rp 1.834.000,-.

“Sebenarnya ini dari remaja yang dapat hibah kulit qurban. Akhirnya kita jual untuk kita donasikan korban Lombok. Ditambah kas remaja Al Jariyah dan Kamis kita umumkan jamaah masjid. Alhamdulillah terkumpul Rp 1.234.000,- dari remaja, tambahan takmir Rp 500.000,- dan Rp 100.000,- dari hamba Allah,” tutur Sumarno yang juga pengurus Masjid Al Jariyah.

Selanjutnya, pengumpulan donasi ini akan segera disalurkan ke Lombok oleh Relawan IDC yang berencana terbang ke Lombok pada Senin pagi (27/8/2018). Mohon doanya kepada para donatur, dan umat Islam semua agar perjalanan yang penuh mulia ini berjalan dengan aman dan selamat.

Untuk selanjutnya Relawan IDC juga akan menyalurkan hasil Qurban untuk Korban Gempa Lombok berupa Abon hasil olahan daging Sapi Qurban yang telah disembelih sebelumnya.[SY]