BEKASI, (Panjimas.com) — Jikalau selama ini banyak pihak yang terkagum kagum dan takjub dengan pola pendidikan yang ada di barat, termasuk diantaranya ada sebagian kaum muslimin yang begitu mengagumi kehebatan pendidikan barat. Ternyata banyak yang tidak mengetahui bahwa pola pendidikan di barat banyak mengadopsi dan mengambil sumber metodologi Islam sebagai rujukan pola pendidikan yang ada disana.

Hal itu yang terungkap dalam sebuah acara Seminar dan Bedah Buku “Rahasia Metodologi Islam dalam Pendidikan dasar di barat yang dilaksanakan oleh Sekolah Dasar Islam An Najah bekerjasama dengan lembaga Infaq Dakwah Center (IDC). Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu (2/2/2019) di SD Islam Najah, Jl Veteran 48 Bekasi itu berlangsung meriah dan dihadiri banyak kaum ibu dan para muslimah di acara tersebut.

Hadir di acara bedah buku tersebut sebagai pembicara utama adalah Ustadzah Nia Nuraeni Gustini Lc MA atau biasa dikenal sebagai Ummu Marwan sebagai Ustadzah Internasional dari Perth, Australia yang sekaligus juga adalah penulis buku Metodologi Pendidikan Islam yang diterapkan Barat dalam Pendidikan Dasar.

Kepala Dasar Sekolah Dasar (SD) Islam An Najah, Eva Nurfauzah M.Si ketika ditanyakan alasan dan tujuan diadakannya acara ini mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk pemberian Tsaqofah Islamiah dan wawasan keislaman dalam konsep parenting untuk para ibu-ibu muslimah khususnya para ummahat wali murid SDI An Najah dan juga kepada para muslimah lainnya secara umum.

“Kita harapkan acara yang bermanfaat ini bisa terus kita laksanakan secara rutin dan dibuat dengan perencanaan yang lebih baik lagi. Karena acara diskusi dan bedah buku ini sangat dibutuhkan oleh para ibu ibu dan ummahat keluarga besar SDI An Najah,” tutur bu Eva selaku Kepala Sekolah, Sabtu (02/02/2019).

Sedangkan Ummu Marwan mengatakan banyak pola pendidikan dasar di barat yang diambil dari metodologi ajaran Islam itu sendiri. Sebagai contoh adalah konsep mendengar, berfikir dan konsep berbicara itu adalah banyak diambil dalam metodologi pendidikan Islam.

Sebagai contoh misalnya pola pendidikan di barat itu sebenarnya sederhana dan lebih menyenangkan dalam pola pendidikannya. Kalo dalam keluarga muslim contohnya ketika mengajarkan surat al fatihah pada anak anak kita dirumah.

“Kita banyak melakukan kesalahan pengucapan yang berakibat anak-anak kita menjadi salah pula membaca surat yang dibaca dalam setiap sholat yang kita kerjakan setiap harinya,” tutur ummu Marwan dihadapan sekitar 100 lebih para ummahat dan kaum muslimah yang memenuhi ruangan di Sekolah Dasar Islam An Najah itu.[ES]