JAKARTA (Panjimas.com) – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Tanah Abang I, menggelar program pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM).

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Kader Kokam yang Berakhlaq, Disiplin, dan Berkemajuan” dilaksanakan di Islamic Center Muhammadiyah (ICM), Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, sejak hari Jum’at (24/8/2018), hingga hari Ahad (26/8/2018).

Diklatsar KOKAM ini diikuti oleh 43 orang peserta baik dari kalangan pelajar, maupun masyarakat umum.

Adeng Nurdin, Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tanah Abang I menyampaikan, para peserta Diklatsar KOKAM diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam amar ma’ruf nahi munkar, membela umat Islam, melindungi para ulama, pimpinan dan aset Muhammadiyah.

“Sebagai pemuda Islam, Pemuda Muhammadiyah harus siap bela Islam dan umat Islam. Kemudian bela ulama. Pasukan KOKAM konsekuensinya harus siap bela pimpinan Muhammadiyah,” kata Adeng Nurdin saat upacara pelepasan peserta Diklatsar Kokam di markas PCM Muhammadiyah Tanah Abang I, Jl KH Mas Mansur No 65, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Jum’at (24/8/2018).

Selain itu KOKAM juga harus siap siaga menghadapi berbagai ancaman yang merongrong keutuhan bangsa, di antaranya mewaspadai bangkitnya bahaya laten PKI.

“Kalau misalnya, gerakan komunis bangkit lagi, maka yang nomor satu di depan harus anggota KOKAM,” imbuhnya.

Kalau misalnya, gerakan komunis bangkit lagi, maka yang nomor satu di depan harus anggota KOKAM

Hal senada juga disampaikan Ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) PCM Muhammadiyah Tanah Abang I, MS Ardiansyah, B.Sc. Pria yang akrab disapa Bang Oleh ini mengimbau para peserta giat berlatih, salah satunya dalam ilmu penanggulangan bencana yang diajarkan saat Diklatsar.

“Berlatihlah dengan baik, dengan sungguh-sungguh, insya Allah bekal yang akan kita peroleh dari hasil pelatihan ini akan menjadikan kita lebih disiplin,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan KOKAM PDM Jakarta Pusat, Yusuf Maulana mengungkapkan kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, mengajarkan materi tentang empat pilar kebangsaan, kemuhammadiyahan, pelatihan fisik, pembentukan karakter, penanggulangan bencana dan akhlaqul karimah.

Yusuf Maulana berharap, kegiatan serupa bisa digelar oleh seluruh PCPM di Jakarta dan berbagai tempat lainnya.

“Saya berharap agar di setiap PCPM segera membentuk satuan KOKAM di setiap cabang dan ranting, terutama di wilayah Jakarta Pusat,” tegasnya.

Diklatsar KOKAM ini juga mendapat dukungan dari Wakil Ketua MPR RI, Dr H Muhammad Hidayat Nur Wahid.

“Saya mendukung Kokam menggelar Diklatsar, semoga sukses dan membawa kemenangan bagi umat Islam,” tutur Dr Hidayat Nur Wahid disambut pekik takbir anggota KOKAM.

Diklatsar KOKAM berlangsung dengan baik, hingga akhir acara. Segenap panitia Diklatsar menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. [AW]