CIANJUR (Panjimas.com) – Wakil Ketua MPR RI, Dr Hidayat Nur Wahid, MA, mengungkapkan peran ulama dan umat Islam dalam menyelamatkan NKRI.

Hal itu disampaikan Hidayat Nur Wahid saat menjadi pembicara sosialisasi empat pilar kebangsaan di SMA Muhammadiyah Cipanas, Jawa Barat, Jum’at (24/8/2018).

Menurut Hidayat Nur Wahid, umat Islam saat ini seolah dituding tengah merongrong NKRI. Padahal, dalam sejarah mencatat, justru pihak lain yang melakukan hal demikian.

Dalam kasus piagam Jakarta misalnya. Justru pihak non muslim yang mengaku dari Indonesia timur, yang ngotot mengancam berpisah dari Indonesia, bila dalam dasar negara dicantumkan kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.”

Akhirnya umat Islam mengalah, tujuh kata dalam piagam Jakarta itu pun dihapus, sehari setelah proklamasi kemerdekaan RI, pada tanggal 18 Agustus 1945.

Selanjutnya, Indonesia sempat dipecah belah oleh penjajah Belanda dan tersisa beberapa wilayah saja, hingga dicanangkan bentuk Republik Indonesia Serikat. Saat itu, justru ada seorang ulama yang tampil dan menggagas terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Siapakah dia? Simak video berikut ini. [AW]