(Panjimas.com) – Assalamu’alaikum, Sobatku yang baik, gimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat ceria, tetep semangat, dan istiqomah selalu ya…

Eh, Sob, kali ini kita mau bicarain soal ucapan buat sodara, keluarga, atau sobat kita yang mau pergi-pergi. Kalo kamu selama ini gimana bilangnya? “Selamat jalan…” gitu, kan? Iya, kan? Kalo ucapan “fii amanillah” udah pernah denger, belum? Belum? Yah, dasar kurang gaul. hehehe…

Gini, Sob… Ternyata dalam Bahasa Arab ada ucapan yang jauh lebih baik buat mereka yang mau pergi-pergi. Lebih ampuh deh pokoknya. Apa itu? Ya yang tadi itu, yang barusan aku bilang: “fii amanillah”.

Kenapa baiknya ucapan itu yang disampein? Kenapa ucapan itu dibilang lebih ampuh? Yuk kita simak penjelasan gamblangnya…

Ucapan “fii amanillah” kalo dibahasa-indonesiakan jadi: (semoga dirimu) dalam lindungan Allah SWT. Tuh, coba pikir, bukankah jauh lebih ampuh? Pastinyalah! Ini doa, Sob. Doa biar si dia dilindungi sama Allah dalam perjalanannya.

Artinya jelas banget kalo ucapan gitu jadi bukti dan wujud rasa peduli kita. Iya, kan? Setuju? Sepakat? Ya iyalah! Nah, gitu dong…

Lalu apa itu lindungan Allah buat hamba-hambaNya? Macem-macemlah, Sob. Perlindungan dari kecelakaan, dari sakit, dari copet, dari… banyak deh. Kan banyak kemungkinan-kemungkinan musibah yang menghadang di jalan. Termasuk, dari bisikan setan ke dia untuk ngelakuin kejahatan. Nah, jadi dengan kita ucapin “fii amanillah”, berarti kita udah berdoa buat sodara, sobat, atau keluarga kita tadi biar selamat dari musibah-musibah itu. Gitu, Sob… Keren, nggak? Ya pasti keren dan ampuh abislah.

Udah, sekarang kita bakal ngomongin kenapa Islam ngajarin ucapan seampuh itu. Jawabnya, Islam emang nunjukin budaya saling cinta dan sayang ke sesama. Doa in keselamatan orang yang kita sayang, tentu lebih tinggi nilainya ketimbang cuman bilang: dadah, selamat jalan, sampai jumpa, atawa goodbye.

Dan yang mesti diinget gini, Sob. Ucapan “fii amanillah” ini jangan dianggap cuman  ikut-ikutan biar nampak kearab-araban. Nggak gitu. Tapi beneran kita ngelakuinnya atas dasar keyakinan kalo  Allah SWT itu Maha Melindungi hamba-hambaNya.

Islam ngajarin kita selalu panjatin doa. Tiap mau lakuin sesuatu, kita ngedoa. Dan dalam ucapan “fii amanillah”, selain ngarep lindungan Allah SWT buat si dia yang lagi pergi-pergi, kita yang ngucapin pun tentu bakal Allah balasi dengan kebaikan pula, asal kita ikhlash ngelakuinnya. Dan lebih dari itu, moga aja keselamatan juga Allah SWT kasih buat mereka yang bakal jumpai sama si dia di mana aja. Iya, karena si dia kan udah dilindungi sama Allah dari bisikan setan. Jadi, apa dan siapa yang dijumpainya pun aman. Tuh, kan, sempurna banget. Ya pastilah, Islam gitu.

Makanya, ayo ucapin, “fii amanillah…”

Wallahu a’lam. Wassalamu’alaikum. [IB]