Berikut Ini 5 Gambar Peringatan Bahaya Merokok di Bungkus Rokok

JAKARTA (Panjimas.com) – Pemerintah telah menegaskan bahwa pencantuman gambar peringatan bahaya merokok bagi kesehatan di bungkus rokok wajibnya dilaksanakan oleh produsen rokok mulai hari Selasa (24/6/2014) ini.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, dalam acara Puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Jumat (31/5/2013) hal itu sesuai dengan PP Tembakau.

“Mulai 2014, perusahaan rokok wajib mencantumkan peringatan bahaya merokok, baik bergambar dan tulisan, sesuai dengan PP No 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan,” tegasnya.

Bahkan, Menko Kesra Agung Laksono mengancam akan menindak tegas para produsen rokok yang tidak mentaati aturan tersebut. Berikut 5 peringatan bergambar yang ada di bungkus rokok Indonesia, yang sudah dipersiapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) :

1. Gambar kanker mulut

Merokok Sebabkan Kanker Mulut

Pada gambar pertama (diatas), terdapat tulisan ‘PERINGATAN’ yang ditulis dengan jenis huruf arial bold kapital, ukuran 10, berwarna putih dan diberi blok latar belakang hitam pekat. Gambar menunjukkan mulut seorang perokok yang tampak mengenaskan karena diserang kanker mulut. Di bawah gambar terdapat tulisan ‘MEROKOK SEBABKAN KANKER MULUT’.

2. Gambar orang merokok dengan asap yang membentuk tengkorak

Merokok Membunuhmu

Sama dengan gambar pertama, setiap peringatan bergambar di bungkus rokok harus menyertakan tulisan ‘PERINGATAN’ di bagian atas gambar. Untuk gambar kedua, tampak seorang perokok yang memegang sebatang rokok sambil menghembuskan asap rokok yang membentuk tengkorak. Di bawah gambar terdapat tulisan ‘MEROKOK MEMBUNUHMU’.

3. Gambar kanker tenggorokan

Merokok Sebabkan Kanker Tenggorokan

Gambar ketiga tidak kalah mengerikan. Tampak seorang pecandu rokok yang menderita kanker tenggorokan dengan leher bolong dan terdapat benjolan kanker yang menjijikkan. Di bawah gambar terdapat tulisan besar ‘MEROKOK SEBABKAN KANKER TENGGOROKAN’.

4. Gambar orang merokok dengan anak di dekatnya

Merokok Dekat Anak-Anak Berbahaya

Gambar keempat lebih menekankan bahaya merokok bagi orang lain, terutama anak-anak. Pada gambar tersebut, tampak seorang perokok yang menghisap rokoknya sambil menggendong anak kecil. Di bawah gambar terdapat tulisan ‘MEROKOK DEKAT ANAK BERBAHAYA BAGI MEREKA’.

5. Gambar paru-paru yang menghitam karena kanker

Merokok Sebabkan Kanker Paru-Paru

Merokok sangat berbahaya bagi paru-paru. Tapi banyak perokok yang tidak takut karena belum melihatnya sendiri. Nah, pada gambar kelima, peringatan bergambar menunjukkan dengan jelas bagaimana paru-paru si perokok menghitam karena kanker. Di bawah gambar tersebut terdapat tulisan ‘MEROKOK SEBABKAN KANKER PARU-PARU DAN BRONKITIS KRONIS’.

Seperti diberitakan Panjimas.com sebelumnya, pemerintah mulai hari Selasa (24/6/2014) mewajibkan para produsen rokok untuk mencantumkan gambar peringatan bahaya merokok dalam kemasannya. Dengan adanya gambar peringatan itu, pemerintah berharap para remaja, orang dewasa dan perokok pemula bisa menghentikan kebiasaan buruknya itu. [Ghozi Akbar/dbs]