PANJIMAS.COM – Rubrik Tibbun Nabawi edisi ini akan menyajikan khasiat buah tin untuk menjaga kesehatan dan membantu mengobati berbagai penyakit. Ada 13 poin yang akan disebutkan di sini. Di luar itu, tentu masih ada manfaat dan khasiat lainnya.

  1. Mengobati Wasir

Buah tin berfungsi melancarkan buang air besar dan menahannya. Sehingga dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit ambaien alias wasir.

  1. Mengobati Encok

Encok disebabkan konsumsi daging merah yang berlebih yang kemudian merusak asam amino. Buah tin memiliki kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang biasanya bekerja dalam satu sisi saja bisa bekerja dalam dua sisi sehingga terjadi keseimbangan. Bila obat-obatan dari luar melemahkan enzim, buah tin berperan menormalkan kinerja enzim.

  1. Menjaga Berat Badan

Buah tin kaya serat, sehingga baik untuk mencegah obesitas (kegemukan). Buah yang memiliki kandungan serat optimal adalah yang sudah kering.

  1. Membantu Pertumbuhan dan Menjaga Tekanan Darah

Hal ini karena buah tin kaya akan vitamin A dan B, serta mengandung vitamin C. Ia juga mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi.

  1. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas (glukosa dan fruktosa) mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mengurangi Kolesterol dan Melindungi Usus

Serat terlarut yang terkandung di dalam buah tin dapat membantu mengurangi kolesterol darah.

Sedang serat tidak larutnya dapat melindungi usus dan mencegah kanker usus besar (kolon).

  1. Baik Dikonsumsi Penderita Kencing Manis

Kandungan serat buah tin menghambat proses penyerapan glukosa di usus kecil. Karena itu sangat baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis.

  1. Sebagai Antikanker

Buah tin mengandung polyphenols yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Zan antikanker lainnya yaitu benzaldehyde dan coumarins. Benzaldehyde telah terbukti mampu berfungsi sebagai antitumor, sedangkan coumarins berguna untuk merawat kulit dan mencegah kanker prostat. Kanker payudara juga dapat dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara rutin.

  1. Mencegah Sakit Jantung dan Darah Tinggi

Buah tin mengandung kalium, omega 3 dan omega 6 yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah dan mencegah jantung koroner.

  1. Baik Bagi Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada buah tin membuatnya berperan baik dalam pertumbuhan dan kesehatan tulang. Ia bisa dijadikan alternatif pengganti susu bagi Anda yang alergi susu.

  1. Mengatasi Sembelit Kronis

Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin dapat membantu mengobati sembelit kronis.

  1. Mengobati Insomnia

Kandungan trytophan dalam buah tin dapat mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Mencegah Amenia

Rajin mengkonsumsi buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan kekuatan memori otak, dan mencegah anemia.

Tidak hanya buahnya, daun tin juga memiliki khasiat obat. Di antaranya sebagai obat kencing batu, diabetes, dan asam urat. Untuk diabetes, caranya, rebus lima lembar daun tin, lalu minum airnya.

Demikian beberapa khasiat buah tin untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga penjelasan sederhana ini bisa menambah semangat dalam membudidayakannya di Indonesia. Jika ketersediaan “buah surga” ini (juga daunnya) melimpah, logisnya akan lebih mudah diperoleh dan harganya pun terjangkau. Artinya, ketersediaan jenis makanan sehat (sekaligus obat) di negeri ini bertambah, sehingga harapannya kualitas kesehatan masyarakat akan meningkat. Maka itu, mari menanam pohon tin! Wallahu a’lam. [IB]