BOGOR, (Panjimas.com) – Ruang Inspirasi merupakan salah satu agenda Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak masyakarat untuk berbagi inspirasi kepada siswa-siswa SMART Ekselensia Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat langsung melihat program pendidikan di Dompet Dhuafa serta berinteraksi landung dengan para penerima manfaatnya. Sabtu, 11 Nopember 2017 bertempat di Masjid Al Insan SMART Ekselensia Indonesia, kegiatan Ruang Inspirasi kali ini mengundang seorang anak muda penuh talenta bernama Aina Fisabila.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada Ruang Inspirasi kali ini, yakni Muda Berkarya, Aina merupakan seorang anak muda yang memiliki segudang prestasi. Aina adalah seorang mahasiswi keperawatan Universitas Indonesia latar belakang aktivis, menjabat sebagai Wakil Kepala Departemen Kajian Aksi dan Strategis BEM FIK UI. Selain menjadi aktivis kampus, ia juga aktif di beberapa kegiatan sosial masyarakat. Antara lain, Guru sukarelawan Banten Mengajar, Project Officer Istana Belajar Anak Banten, Co-Founder EMCEKAQU.

Aina menyampaikan materi tentang Berkarya dengan Passion di depan sekitar 100 siswa SMART Ekselensia Indonesia. Ia menjelaskan bahwa dunia sekolah merupakan dunia dimana seseorang memiliki kesempatan besar untuk meng-explore passion dengan cara aktif di berbagai kegiatan intra maupun ekstra sekolah.

Saya sama seperti kalian, saya juga menempuh pendidikan boarding school selama enam tahun. Saya pun juga merasakan keterbatasan-keterbatasan ketika saya hidup di asrama. Namun, saya selalu menekankan pada diri sendiri bahwa saya harus mampu merubah keterbatasan menjadi kesempatan.” Jelas Aina penuh semangat.

Aina bercerita bahwa ketika ia ditempatkan di wilayah Pandeglang Banten, ia sangat prihatin karena masyarakat disana tidak memiliki fasilitas MCK yang layak. Sehingga hal tersebut menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Latar belakang keilmuan di bidang keperawatan dan jiwa sosial yang ia miliki, Aina berhasil membuat bisnis sosial yang diberi nama EMCEKAQU. Program ini bergerak untuk membangun sanitasi dan kebersihan di daerah terpencil yang belum memiliki MCK. EMCEKAQU berhasil menghantarkan beliau menjadi Duta Sanitasi Internasional perwakilan Indonesia satu-satunya di Belgia November 2017 ini, serta berbagai prestasi lainnya.

Menurut Aina, penting sekali menjadi seorang pioner perubahan. Ia kemudian memberikan beberapa tips untuk melakukan perubahan, diantaranya: 1) bersabar dan konsisten, lakukan yang kamu percayai, jangan terlalu percaya apa kata orang. 2)Fokus kepada kelebihan bukan kekurangan, maksimalkan potensi yang kamu miliki, dalami kesukaan yang kamu bisa, 3) Berani menjadi pendobrak, rubah apa yang tidak disadari orang menjadi disadari orang. Aina mengakhiri sesinya dengan menyampaikan moto hidupnya yakni “Jadilah orang yang dikenang dengan kontribusimu”.

Ruang Inspirasi kali ini semakin semarak dengan banyaknya pertanyaan dari siswa SMART Ekselensia kepada Aina. Mereka terlihat begitu antusias bertanya dan meminta tips-tips kepada Aina. Setelah semua pertanyaan dijawab, Aina kemudian mendogeng yang menjadikan suasana dipenuhi dengan keseruan dan tawa bahagia seluruh peserta Ruang Inspirasi. [RN]