JAKARTA (Panjimas.com) – Beggy Rizkiansyah, penulis buku “Dari Kata Menjadi Senjata” memaprkan tentang asal mula PKI itu berdiri.

Hal yang mencengangkan ternyata, lahirnya paham komunisme menurut Beggy tak lepas dari oknum pemuda Syarikat Islam (SI) atau dulu dikenal dengan Sarekat Dagang Islam (SDI), sebuah organisasi yang pertama kali lahir di Indonesia dan didirikan 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi.

Saat Syarikat Islam berkembang, menyusuplah ideologi komunis yang dibawa oleh H.J.F.M Sneevliet yang mendirikan organisasi ISDV (Indische Sociaal-Democratische Vereeniging). Dari Sneevliet itulah, kemudian paham komunis mempengaruhi tokoh-tokoh muda SI, seperti; Semaoen, Darsono, Tan Malaka, dan Alimin Prawirodirdjo. Hal ini menyebabkan SI pecah menjadi “SI Putih” yang dipimpin oleh HOS Tjokroaminoto dan “SI Merah” yang dipimpin Semaoen. SI merah berlandaskan asas sosialisme-komunisme.

Dalam perkembangannya, berdirilah PKI yang ternyata tak lepas dari pengaruh komunisme internasional. Tak hanya itu, Beggy juga menceritakan lika-liku saling sikut antar tokoh PKI, hingga terjadi saling “tahdzir” diantara mereka.

Cerita lengkap tentang PKI, dijelaskan secara panjang lebar oleh Beggy Rizkiansyah, dalam video berikut ini. [AW]