Jakarta (Panjimas.com) – Setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) selama beberapa hari, Ustaz Arifin Ilham melanjutkan pengobatannya di Penang, Malaysia. Arifin terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju ke Malaysia dengan menggunakan pesawat pribadi yang dipinjamkan oleh seseorang.

“Iya benar, baru saja berangkat, baru saja take off dari (bandara) Halim,” kata adik Arifin Ilham, Kokom, saat dikonfirmasi, Kamis (10/1).

Arifin Ilham rencananya menjalani perawatan lanjutan di salah satu rumah sakit Penang, Malaysia. Namun, Kokom enggan menyebutkan, di rumah sakit mana Arifin Ilham dirawat. “Maaf, saya tidak bisa memberitahukan di rumah sakit mana,” ucap dia.

Sementara itu, dari instagram stroy anak Arifin Ilham, @alvin_411, ia berangkat dari RSCM Kencana dengan kawal ketat anggota polisi pada pukul 06.00 WIB.

Rencana merujuk Arifin Ilham ke Malaysia sudah dibahas keluarga sejak Rabu (9/1) malam. Keluarga ingin Arifin Ilham mendapatkan perawatan terbaik agar dapat sembuh dari penyakitnya. “Keluarga ingin pengobatan yang terbaik. Apa pun keluarga usahakan,” tutur Kokom.

Hingga kini keluarga belum mau terbuka soal penyakit yang diidap Arifin Ilham. Tapi, KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym sempat menyebut Arifin Ilham tengah berjuang melawan kanker.

Akhir tahun lalu, Arifin Ilham dalam sebuah pengajian menceritakan penyakit yang dideritanya yaitu kanker nasofaring. Lewat pengobatan selama 2,5 bulan, Arifin dinyatakan sembuh dari penyakit itu.

Pada 5 Januari 2019, Arifin Ilham masuk rumah sakit. Namun, menurut Alvin, putra sulung Arifin Ilham, saat menjawab pertanyaan netizen di Instagram, penyakitnya bukan kanker lagi.

Ustaz Yusuf Mansur dalam unggahan instagram @yusufmansurnew, Rabu (8/1) meminta doa kepada semua pihak untuk membantu mendoakan kesembuhan Arifin Ilham. Yusuf Mansur juga meminta doa untuk semua pihak yang telah membantu dan merawat Arifin Ilham. “Sekalian doakan semua yang menolong, membantu, dan melayani Ust Arifin. Termasuk doa buat yang mendoakan di dan dari seluruh dunia. Teriring juga doa untuk semua alim ulama,” lanjut dia. (des)