BEIJING, (Panjimas.com) — Perundingan dagang selama tiga hari antara pejabat Amerika Serikat (AS) dan China dilaporkan telah selesai dan hasilnya akan segera diungkap segera.

“Pejabat China dan AS hari ini menyelesaikan perundingan. Itu menunjukkan kedua pihak serius tentang perundingan,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang, Rabu (09/01).

“Ini akan menjadi kabar baik bagi kedua negara dan seluruh dunia jika ada hasil positif yang dicapai dari negosiasi itu. Kami akan segera mengumumkan hasil perundingan,” tambahnya.

Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Menteri Perdagangan Zhong Shan termasuk di antara peserta negosiasi dagan tersebut.

Pada awal Desember, selama pertemuan G20 di Argentina, Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump sepakat untuk tidak mengenakan tarif timbal balik tambahan selama 90 hari.

Jika AS dan China terus memberlakukan tarif terhadap satu sama lain, hal ini diperkirakan akan menghantam sektor otomotif dan teknologi kedua negara, dan dapat menciptakan efek riak ke rantai pasokan di Amerika dan Asia.[IZ]