SOLO, (Panjimas.com) – Dua orang anak yatim dan dhuafa, Fidai dan Ufairoh mengalami gatal-gatal di sekujur tubuh. Bahkan jika parah sampai keluar nanah bekas luka gatal tersebut. Menjadi warga Wisma Tahfidz IDC di Plalan Sukoharjo, Relawan IDC yang mendapati kabar tersebut langsung membuat jadwal periksa ke dokter spesialis kulit.

Tanga Fidai nampak berubah bahkan bernanah, betapa mengeluh sakit anak yatim tersebut jika malam gatal menyerang. Ufairoh, bicah anak TK itu juga sama, selain tangan, penyakut yang disebabkan kutu sejenis scabies ini menyerah wajah dan kulit kepalanya. Ternyata kutu ini merebak di lingkungan wilayah Plalan baru-baru ini.

“Selain tangan, pantat Fidai juga kena. Jadi beberapa hari ini bolos sekolah karena sakit ini,” ujar Ummu Fidai pada Relawan IDC, Rabu (31/10/2018). “Kalau Ufairoh sampai kepala pak” timpal Ummu Ufairoh.

Sore harinya, dengan Mobil Layanan Umat (MLU) IDC Relawan langsung mengantar dua anak ini ke Klinik Nurrita, Serengan, Solo. Diperiksa dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Nurrachman MSc, SpKK. dipastikan scabies biang keladi maraknya penyakit tersebut.

“Biasakan kasur dijemur, kemudian baju saat mau dicuci direndam air panas. Ini penyebabnya kutu semacam scabies pak, biasa juga terkadan di pondok-pondok atau kost-kostan yang kurang memperhatikan kebersihan,” ungkapnya.

Sejurus kemudian, dr Nurrachman menulis resep obat salep dan puyer untuk mengobati gatal tersebut. Biaya yang dikeluarkan IDC untuk anak yatim dan dhuafa tersebut sebesar Rp 398.000,- dan sudah termasuk obat-obatannya.

“Jazakumullah khoiron pak,” ucap ummi-ummi kedua anak itu saat kembali ke Wisma.

Cinta Yatim: Jalan Pintas Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Program-program IDC yang mengurusi anak yatim dan dhuafa selalu dikedepankan karena merekalah yang memiliki hak dari harta infaq, zakat dan sedekah kita. Terlebih anak-anak yatim itu harus menjalani kehidupan menuju kedewasaan tanpa didampingi sang ayah yang notabene adalah tulang punggung pencari nafkah, figur orang tua dan panutan dalam keluarga. Sebesar apapun uluran kita kepada anak yatim, akan dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa saudara-saudaranya seiman masih mempunyai kepedulian terhadap mereka.

Cinta kasih dan kepedulian yang kita ulurkan kepada anak yatim akan membuka peluang masuk surga bersama Nabi SAW sedekat dua jari, sesuai dengan sabdanya:

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ كَهَاتَيْنِ، يُشِيرُ بِإِصْبَعَيْهِ

“Aku dan pengasuh anak yatim kelak di surga seperti dua jari ini” (HR. Bukhari). Rasulullah bersabda demikian sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah dan merapatkan keduanya.

Semoga dengan membantu keluarga yatim dan dhuafa ini, kita dijauhkan Allah dari golongan Pendusta Agama:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِ

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin” (Qs Al-Ma’un 1-2).

Mari bantu meringankan keluarga yatim bersama Infaq Dakwah Center (IDC) melalui Infaq program “Peduli Kasih Yatim” yang disalurkan melalui rekening Cinta Yatim:

  1. Bank Muamalat
    No.Rek: 34.7000.3006   a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syari’ah
    No.Rek: 705.339.340  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri
    No.Rek: 156.0013.818.077  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank BRI
    No.Rek: 1105.0100.0394.303  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.

Telegram: @IDCpusatSMS/WA/Tele/Line: 08122.700020Facebook: IDC – Infaq Dakwah
CenterTwitter: @IDCinfaqCenterInstagram: @infaqdakwahcenter

Info IDC Solo Raya : 0812.8070050